Senin, 03 Desember 2018

- Perjalanan Menuju Atap Jawa Tengah (Lagi) Mt. Slamet 3428 Mdpl-

Agustus 2018 tiba nih woa, cuaca lagi cerah-cerahnya, awan lagi bagus-bagusnya. Biasanya Agustus ini bulannya para pendaki dan masing-masing pendaki punya jadwal buat upacara di atas gunung.
Tiba2 ada tawaran dari anak-anak buat naik Gunung Slamet . hmm sempet kapok asli sama Gunung yang satu  ini 14 oktober 2013 yang lalu saya sempet mengunjungi Gunung yang satu ini.

Tapi entah mengapa tawaran ke gunung selalu menggiurkan, sebisa mungkin saya ikut walaupun saya sudah pernah datang kesini sebelumnya,mungkin bakal beda pikir saya. Dan benar bukan tentang gunungnya, tapi dengan siapa kita pergi . saya pun memutuskan ikut. sempet tuker-tuker jadwal sana sini, tiket udah di beli, simkasi udah di bayar pokonya semua udah beres.

GUNUNG SLAMET
Gunung Slamet ini memiliki ketinggian 3428 Mdpl, tinggi banget kan, gak heran Gunung ini di nobatkan sebagai  Gunung tertinggi di Jawa tengah atau Atap Jawa Tengah.
Gunung Slamet sendiri memiliki beberapa jalur pendakian diantaranya : Ada jalur Bambangan di Purbalingga, jalur Baturaden di Purwokerto, ada jalur Guci yang ada di Tegal, jalur Kaliwadas di Brebes, dan juga jalur Dipajaya yang masuk Kabupaten Pemalang .
Jalur yang umum di Gunakan pendaki biasanya jalur Bambangan via Purbalingga soalnya Tracknya gak terlalu ekstrim . konon  jalur yang paling ekstrim adalah jalur Guci.
Perjalanan saya kali ini rombongan kurang lebih 15 orang . Kami memilih Jalur Bambangan di kab. Purbalingga.

Mari bernostalgia kembali dengan Gunung dan jalur yang satu ini :D

16-18 Agustus 2018 , Perjalanan di mulai~
Ada 2 rombongan. 1 rombongan (padalarang) dan 1 rombongan saya (dari rancaekek).

16 Agustus 2018~
kami berangkat sore hari setelah pulang bekerja, karena ada sebagian dari kami yang harus bekerja dahulu termasuk saya.  Kami berangkat pukul 17:00 dari rancaekek . menggunakan bus Sinar Jaya yang pull nya berada di cipasir. Karena musim pendakian dan musim libur panjang tiket bis kami sudah booking 1 bulan sebelumnya. Dan benar saja kalau gak pesen sebulan sebelumnya mungkin kami tidak akan kebagian tiket. Bis yang kami naiki adalah jurusan Bandung-Wonosobo.

Sampai di pull Sinar Jaya sekitar pukul 17:40, jadwal keberangkatan bis kami pukul 18:00. Oh yah di pull Sinar Jaya ini fasilitasnya cukup lengkap, ada toilet dan mushollanya juga jadi sembari nunggu bis kita bisa solat dulu di sini. Harga tiketnya cukup murah 75k sampai terminal Purbalingga-Jawa Tengah. Akhirnya setelah menunggu cukup lama bis datang juga. Datangnya telat, kami baru berangkat sekitar pukul 21:00 dari Rancaekek.

Tiba di terminal Purbalingga~
Kami semua akhirnya tiba di terminal Purbalingga sekitar pukul 03:00 pagi. Kami memutuskan istirahat sejenak di Alfamart sambari menunggu jemputan menuju basecamp. Oh yah sebelumnya kami sudah booking mobil sewa dari basecamp yang akan mengantarkan kami menuju kaki Gunung Slamet. Sekitar pukul 04:00 akhirnya mobil sewaan kami tiba. Kami segera naik dan melanjutkan perjalanaan di mobil . perjalanan sampai kaki Gunung slamet dari terminal Purbalingga sekitar 2 jam. Cukup lama dan jauh. Jalanan sepi hari itu, mungkin karena masih pagi.

17 Agustus 2018 , Tiba di Basecamp kaki Gunung Slamet ~
Kami tiba di Basecamp kaki gunung slamet sekitar pukul 06:00. Oh yah kami sempet di beri tumpangan beristirahat di rumah empunya yang menjemput kami. Syukurlah kami bisa istirahat sebentar dan packing ulang di sini.

Setelah semua siap, kami memutuskan untuk memulai pendakian. Sebelum memulai pendakian kami sarapan terlebih dahulu di warung nasi tak jauh dari basecamp. Wow cukup rame kala itu ternyata Gunung Slamet masih menjadi salah satu Gunung Faforit di kalangan pendaki.

Cukup sang ketua saja yang mendaftar di basecamp. Simaksinya 25k/malam . cukup terjangkau.
Oh yah jangan lupa bawa surat sehat dari dokter yah. Soalnya di Tanya. Kali ini surat sehat mulai wajib untuk mendaki Gunung Slamet.

Pendakian di mulai~
Karena rombongan kita banyak, sang ketua memutuskan membagi  rombongan menjadi 2
Tim 1 (tim padalarang)berangkat duluan lalu tim kami (tim rancaekek)

Sebelum berangkat berdoa dahulu dan melakukan pemotretan di gerbang legendaris. Dejavu rasanya 2013 lalu ini gerbang masih sama . gagah berdiri menyambut para pendaki yang datang.

Sekitar pukul 09:00 pendakian di mulai. Ada yang berbeda, jalannya kali ini sudah di semen, alias di hotmix, dahulu 2013 yang lalu jalan masih tanah dan kebul . skrng mengalami banyak perubahan.
Tracknya masih semen sampe ujung kebun ini. Kanan-kiri kita bakal liat pemandangan kebun-kebun warga. Kentang, sayur-mayur, bawang daun di tanam di sini.

Jangan lupa bawa masker yah asli kebul banget ini gunung jika musim kemarau .

Pos 1 Pondok Gemirung ~
Akhirnya kami sampai di Pos 1 setelah 3 jam melakukan perjalanan. Yup 3 jam lama banget kan .  sekitar pukul 11:30 siang kami tiba di pos 1.

Oh yah ada yang berbeda lagi , kini sepanjang pos 1 banyak banget yang jualan. Cukup terkejut. Banyak warung-warung menjual gorengan, minuman dingin, semangka. Lengkap deh pokonya.
Kami beristirahat sambil menikmati gorengan dan berbincang2 dengan teman sependakian. Ah sungguh perjalanan yang sangat mengasikan. Pendakian kala itu ramai sekali.
Setelah di rasa cukup beristirahat kamipun melanjutkan perjalanan kembali.
Track semakin terjal dan semakin kebul. Gak kuat asli sama kebulnya L oh yah sepanjang jalan tidak di temukan sumber air yah. Jadi kalian jangan lupa persediaan air harus cukup . tp tenang banyak warung2 juga yang menjual air jangan khawatir

Pos 2 walang~
Dari pos 1 menuju pos 2 perjalanan di tempuh 3 jam wow . kami tiba di sini sekitar pukul 14:00 siang
Dan lagi di pos 2 banyak warung2 kita bisa beristirahat lagi di sini.

Pos 2 ini cukup luas .
Dan perjalananpun kami lanjutkan.~

Pos 3 Pondok Cemara~
Dari pos 2 sampai pos 3 perjalanan sekitar 2 jam . sekitar pukul 16:00 kami tiba di sini. saya tidak sempet mengabadikan dalam poto di pos ini karena hari sudah mulai gelap.
Seperti biasa setiap pos ada warungnya , jangan takut kelaperan dan kehabisan logistik.

Pos 4 Samarantu~
Jeng jeng tibalah kami di pos Samarantu. Deg degan 2013 yang lalu saya sempet mendenger suara ketawa si “kunkun” asli jadi parno. Kami tiba di sini pukul 18:00 pas azan magrib . di sini tidak ada yang jualan. Gak ada boleh yang camp juga . sepi samarantu .kami sempet menikmati senja dulu di sini. beres memandang senja kami melanjutkan perjalanan kembali . badan saya sudah mulai gak kuat, Tapi harus tetep di lanjutkan tinggal 1 pos lagi. Temen-temen mulai nyemangatin.

Pos 5 Pondok Mata Air ~
Dan perjalanan kami lanjutkan. Sudah mulai gelap. Headlamp pun kami pasang. Di tambah cuaca sudah mulai dingin. Ah mana lapar pula. Udah lemes .  asli yang saya pikirkan kala itu sampe ke tenda, makan dan tidur.tenaga udah kekiras abis. Slamet bener-bener di tambah kebulnya yang bikin gak kuat .

Dari pos 4 ke pos 5 perjalanan kami tempuh 30 menit .
Tak lama kamipun sampai. Tim 1 udah tiba duluan di sini. Maklum tim 1 itu jalannya “ngabret” tim hulk. Beda sama tim 2 tim “keong” perlahan namun pasti dan di nikmati.
Sykurlah temen kami sudah tiba duluan di sini , dan sudah memasang tenda dan masak buat makan malam. Oh yah ini pertama kalinya saya nangis di tenda. Begitu sampai saya langsung nangis entah kenapa mungkin saking udah gak kuatnya.
Temen-temen sibuk masak kalau saya sibuk ganti baju dan istirahat .
Kamipun makan malam bersama J

SUMMIT~
Wow tadinya saya gak bakal summit, udah gak kuat mau nunggu di tenda ajah. Toh sayapun sudah pernah sampai ke puncaknya 2013 yang lalu. Tapi temen2 ngeyakinin buat ayo summit, pasti bisa, pasti kuat dan akhirnya tanpa pikir panjang baiklah gak boleh cengeng, gak boleh lemah, dan akhirnya kamipun summit . kami summit sekitar pukul 05:00 subuh.

Setelah berdoa , semangat kamipun memulai summit . tetep pasang headlamp karena hari masih gelap. Yang bikin bĂȘte dari track ini adalah kebulnya. Pake buff engap gak pake buff kebul . dilema,

Pos 6 Samyang Rangkah~
Akhirnya kami sampai di pos 6 perjalanan di tempuh kurang lebih 1 jam . perlahan matahari udah keliatan mau terbit,tapi sunrise belum keluar.
Kami mempercepat langkah ..

Pos 7 Samyang Kendit~
Dari pos 6 ke pos 7 perjalnan di tempuh kurang lebih 1 jam. Di sini kami sempet diem sejenak menunggu matahari terbit. Dan akhirnya terbit juga sang surya, Asli keren banget kala itu, matahari terbit dengan indahnya . pukul 06:00 kami tiba dan sempet berlama-lama di sini sambari berfoto-foto.
Samyang Kendit ini sudah berada di ketinggian 3040 Mdpl.

Dari dulu selalu saja menikmati matahari terbit di sini , selalu telat menikmati sunset di puncak.
Tapi tak mengapa di sinipun keren .
Puas menikmati matahari terbit kamipun melanjutkan perjalanan kembali. Hampir saya di buat nyerah. Udah gak kuat sama kebulnya bikin engap.

Pos 8 Samyang Jampang~
Dari pos 7 ke pos 8 cukup dekat tapi mengapa tidak begitu dekat. Track semakin berat dan semakin kebul .

Perjalanan di tempuh sekitar 30 menit. Sekitar pukul 08:00 kami tiba di sini . sempet duduk duduk lama di sini, lama-lama betah. Tapi kami tak boleh berlama-lama perjalanan masih jauh .
oh yah di sini banyak bunga edelweiss tumbuh.

Pos 9 Plawangan~
Akhirnya tiba di pos terkahir Gunung Slamet, ini merupakan pintu menuju puncak slamet. Nah ini track berpasir itu dan berbatu . asli track ini panjang banget deh . dan lagi saya hamper di buat menyerah . erupsi Gunung ini di tahun 2014 membuat track semakin berat saya rasa sih begitu. bebatuannya pun menjadi mudah jatuh . kita harus berhati-hati .

Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup. Asli menguras tenaga banget ini track .
Dari sini kami bias melihat pemandangan kaki Gunung Slamet yang sangat indah. Dan benar manusia memang terlihat kecil , lantas apa yang harus kita banggakan.
Beberapa kali saya berhenti . semakin siang di sini semakin panas .

Puncak gunung Slamet ~
Akhirnya sekitar kurang lebih 4 jam berjalan, kamipun sampai di Puncak Gunung Slamet , sekitar pukul 12:00 wow kesiangan banget. Di atas banyak yang upacara mengingat hari itu 18 Agustus 2018 meskipun saya telat untuk upacara karena kita sampe puncak siang.
Rasanya terharu, nangis, pelukan, Ya Tuhan gak nyangka saya bisa sampai sini lagi :”
Puncaknya luas .
Dari sini kita bisa liat kawah gunung ini yang masih aktif
Puas berfoto kamipun turun ~

Pulang~
Dari pos 5 kami turun sekitar pukul 17:00 dan percaya gak percaya kami tiba di basecamp pukul 01:00 dini hari , luar biasa . itu artinya dari pos 5 menuju basecamp kami habiskan 8 jam berjalan .

Terimakasih perjalanannya.
Terimakasih ceritanya
Terimakasih waktunya
Terimakasih Gunung Slamet sungguh kali ini memang harus di akui Gunung yang satu ini menyimpan banyak cerita .
Cukup 2x saya tidak akan pernah ke gunung yang satu ini lagi.