Jumat, 07 Desember 2018

~Akhirnya Atap Jawa Barat Mt.Ciremai 3078 Mdpl~

21-23 September 2018 kami di beri kesempatan mengunjungi Gunung tertinggi di Jawa barat . yap Gunung Ciremai.

Tiba-tiba H-2 Rabu pagi, sebelum keberangkatan kami mendengar berita  Gunung Ciremai kebakaran wow seketika saya dan teman2 langsung down padahal udah packing, kami sempet mencari kebenaran info tersebut. Mencari tahu Di Instagram, menanyakan kepada teman2 yang kebetulan tingal di sekitar kuningan, melihat berita, menelepon info Gunung Ciremai . Dan benar sajah Gunung Ciremai sedang kebakaran. Huft ----s

Gunung Ciremai-
Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3.978 mdpl (meter di atas permukaan laut). Gunung Ciremai atau Ceremai atau Cereme berdiri di atas 3 kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Gunung Ciremai sendiri mempunyai 3 jalur resmi yaitu Apuy, Palutungan dan Linggarjati . Linggarjati merupakan jalur yang paling sulit di bandingkan 2 jalur yang lain. Dan jalur yang umumnya di pakai para pendaki dan menjadi jalur favorit yaitu jalur Apuy. Dan kami semua mau mendaki Gunung Ciremai via jalur Apuy. Dan menurut info Gunung Ciremai yang kami dapatkan melalui instagram tidak ada penutupan jalur yang mau mendaki Gunung Ciremai via Apuy masih di rasa aman . fyuh Syukurlah

Berangkat dari Rancaekek~
Jum’at malam tanggal 21 Septemeber 2018 kamipun akhirnya memutuskan berangkat, bismillah ajah kalaupun iyah di tutup toh kamipun bisa balik lagi. Dari Rancaekek  kami menggunakan mobil rental karena kalau kami membawa kendaraan sendiri apalagi kalau bawa motor terlalu berbahaya karena kami berangkat tengah malam sekitar pukul 23:00 wib . mobil sewa kami dapatkan dari teman kami biayanya lumayan 2jt/pp. tak apa yang penting kami sampai dan nyaman daripada harus naik umum ribet .

Sampai di Bale Desa Apuy~
Kamipun akhirnya tiba di bale Desa Apuy, tepatnya di kaki Gunung Ciremai. Sekitar pukul 03:00 WIB. Sebelumnya kami sudah janjian sama mas Dani, beliau yang akan mengantar kami menuju basecamp Gunung Ciremai, kamipun menyewa pick up darinya . Mas Dani ini baik loh, kamipun di tawarkan beristirahat di rumahnya sambil packing ulang. Oh yah kalau yang membawa kendaraan pribadi khususnya mobil Cuma bisa sampe balai Desa Apuy. Dari balai desa apuy nanti kita wajib nyewa pickup untuk mengantar sampai basecamp Gunung Ciremai. Sewanya cukup murah 30k/orang/pp . kenapa harus pake pickup karena jalannya cukup menyeramkan sih kalau bisa saya bilang. tracknya kecil Cuma muat 1 mobil kalau ada mobil lain dari arah sebaliknya harus bergantian. Pemandangannya keren kanan kiri kita bisa liat kebun milik warga yang di Tanami sayuran seperti kol, bawang daun, kacang tanah dll. Cuaca hari itu cerah banget. Syukurlah .

22 September 2018

~ Tiba di basecamp Apuy, Pos Berod ~
Kami tiba sekitar pukul 07:00 wib . simaksinya 50k/malam. Cukup mahal sih yah . tapi, dapet vocer makan juga . menu makannya nasi+ceplok telor+tahu dan tempe. Lumayan kan.  Sebelum memulai pendakian kami semua sarapan dahulu di warung no.7 . jadi tiap udah bayar simaksi nah di tiketnya bakal di tulis di warug mana kita bisa menuker vocer makan ini.

Memulai pendakian~
Setelah beres sarapan kami semua packing ulang dan berfoto dahulu di gerbang selamat datang . 2016 lalu sempet kesini dan akhirnya semesta merestui saya balik lagi kesini dengan cuaca yang cerah,

Oh yah tim kami kurang lebih 15 orang . team Kejo Break (dari cipacing)  feat team SBR (dari rancaekek) .
Team kejo break berangkat awal, lalu tim kami seperti biasa berada di barisan belakang. Ber-5 team kami. Agun, Agelar, Mila, Hervani dan saya sendiri. Kami memilih Jalan santai .

Kami memulai pendakian sekitar pukul 09:00 Wib .

Pos 1 Arban~

Setelah kurang lebih satu jam kami berjalan, akhirnya kami tiba di Pos 1 Arban . pos arban sendiri berupa pos dengan bangunan yang cukup megah, berupa banguan pos bersemen dan bergenteng. Cukup kokoh. Para pendaki biasa beristirahat di sini.

Setelah di rasa cukup beristirahat dan berfoto kamipun melanjutkan perjalanan kembali.

Pos 2 Tegal Pasang~
Dari pos 1 menuju pos 2 tracknya udah mulai lumayan, track di dominasi akar-akar tapi yang aku suka dari track Ciremai ini, tracknya bikin adem soalnya pepohonannya masih rapet jadi gak bikin panas .

Dari pos 1 ke pos 2 perjalanan di tempuh kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dengan jalan santai .
Perjalanan di lanjutkan ~

Pos 3 Tegal Masawa ~
Dari pos 1 menuju pos 3 perjalanan di tempuh sekitar 2 jam perjalanan. tracknya mulai berat, berapa kali saya istirahat d sepanjang track, cukup menguras energy dan tenaga saya.

Akhirnya kami sampai di pos 3 , kami beristirahat cukup lama di sini, bahkan teman saya Hervani sempet tertidur sebentar di track ini.
Oh yah pendakian saya ke Gunung Ciremai di tahun 2016, saya Cuma sampai sini. Dan camp di sini, di karenakan beberapa pertimbangan, cuaca, temen yang hypo dan badai.
Tapi sekarang di tahun 2017 alhamdulilah saya di beri kesempatan berkunjung lagi kesini. Senang rasanya.
Setelah beristirahat kurang lebih 20 menit perjalanan kami lanjutkan.

Pos 4 Tegal Jamuju~
Dari pos 3 perjalanan menuju pos 4 di tempuh sekitar 1 jam perjalanan. pos 4 sendiri cukup luas. Kami sempet beristirahat cukup lama juga kurang lebih 20 menit.

Setelah cukup beristirahat dan berbincang, perjalanan kami lanjutkan .
Oh yah kami rencana mau camp di pos 5 . perjalanan harus kami lanjutkan sebelum gelap tiba. Kalau udah gelap ribet .

Pos 5 Sanghyang Rangkah~

Dari pos 4 ke pos 5 perjalanan kami tempuh kurang lebih 2 jam. Lumayan .
Oh yah kami camp di sini karena ini pos terakhir dan camp di wajibkan sampai batas di sini.
Kami tiba sekitar pukul 17:00 wib .

Kami segera mendirikan tenda, masak buat makan malam. Oh yah kami bertemu team Kejo Break di sini .

Malampun tiba~
Ah cuaca cukup cerah, bintangpun terlihat, kami menikmati malam di Pos 5 Gunung Ciremai.. indahnya..

SUMMIT~
Kami bangun sekitar pukul 05:00 wib . summit , setelah kami sarapan. Kamipun berdoa dan Summit.
Track semakin berat. Vegetasi pepohonan sudah jarang terlihat. Itu artinya puncak semakin dekat.
Dan lagi kami kesiangan. Kami gak keburu menikmati sunrise di puncak selalu di tengah jalan.
Nanti d tengah track kita bakal ketemu persimpangan . persimpangan menuju Jalur Apuy dan Palutungan~

Pos 6 Goa Walet~
nah kalau mau ke goa walet kita harus turun dulu. goanya di bawah sana . saya cuma liat dari atas. keren ada goa di sini .

Nah dari dulu saya penasaran sama tempat yang satu ini yap si Goa Walet. Tapi sepanjang track pas Summit syaa gak nemu tuh si Goa Walet.

Ternyata saya menemukan dan akhirnya bias melihat si Goa Walet. Tapi dari jauh. Ternyata kalau mau ke tempa ini kitab harus turun dulu ke bawah . huft cape.

oh yah di sini kita sempet menemukan padang edelweiss . padang edelweissnya luas banget betah banget di sini. Keren banget. Ini tempat terkeren kalau menurut saya di Gunung Ciremai ini.

Puncak ~
Yeay akhirnya puncak dari pos 6 ke puncak sekitar 1 jam perjalanan. akhirnya kamisemua mencapai puncak Gununung Ciremai . alhamdulilah 2018 ini semesta merestui saya berkunjung kesini.
Jadi puncak Gunung Ciremai ini berupa sekeliling kawah . luas banget. Dan keren banget.

Terimakasih kalian
Terimakaish Kejo Break
Terimakasih SBR
Terimakasih waktunya
Terimaksih Gunung Ciremai akhirnya saya di perkenankan kembali kesini.
Oh yah pulang dari Gunung Ciremai kita bakal dapet sertifikat terlah berpartisipasi dalam pendakian Gunung Ciremai via Apuy