Jumat, 17 April 2015

Mt. Gede 2958 mdpl via Gunung Putri

Hallo Mt.Gede(lagi) ~

Alhamdulilah kali ini saya di beri kesempatan bernostalgia lagi mengunjungi Gunung Gede (lagi). Ini yang kedua kalinya saya menggunjungi Gunung Gede. Di bilang bosen sih engga, karena  Gunung Gede sendiri mempunyai suguhan alam sendiri yang gak bakal di bikin bosen . percaya deh.

Taman Nasional Gunung Gede sendiri mempunyai 3 jalur utama .
Yang pertama lewat Cibodas (puncak bogor),yang kedua Selabinata (sukabumi) dan yang jalur ketiga via Gunung Putri (cianjur),yang akan saya coba kali ini.

Pertama kali saya naik gunung Gede  waktu itu via cibodas dan itu keren banget. Banyak suguhan alamnya : dari jembatan,air terjun,air panas,kandang batu,kandang badak,tanjakan setan , tapi kalau kita naik  via cibodas lama banget  soalnya muter.

Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman saya naik Gunung Gede via Gunung Putri.

Tanggal 3-5 april kami berangkat dari bandung menuju cianjur. Kami memutuskan naik Gunung Gede Via Gunung Putri. Sekitar  kurang lebih 15 orang kami berangkat. 4 orang cewe dan sisanya cowo. Track via Gunung Putri sendiri berada di cianjur .

Sampailah di cianjur kira-kira sekitar 3 jam perjalanan dari bandung, kalian bisa turun seudah istana presiden di cianjur. Sebelah kiri tak jauh dari sana ada menara telkomsel. nah dari situ kalian biasa sewa mobil angkot menuju basecamp gunung putri yang berada di desa gunung putri .

Kira-kira dari cianjur sekitar 3 km kita sudah sampai di basecamp gunung putri. Di situ banyak rumah penduduk yang menyewakan untuk fasilitas menginap,mck,rumah makan,dll

Untuk menginap sehari di rumah penduduk para pendaki dikenakan tariff Rp.10.000 untuk satu malam,lumayan untuk beristirahat setelah lelah perjalanan dari bandung.

Dari basecamp gunung putri menuju surya kencana sekitar 5km,wow cukup jauh juga yah ternyata.jadi kalau via gunung putri yang akan kita lewati yaitu Surya Kencana dahulu baru kemudian puncak.

Perjalanan di mulai

4 april 2015~

Setelah semalam sempat menginap di rumah penduduk untuk mengembalikan energy, perjalanan sesungguhnya baru dimulai.setelah packing ulang dan cek perlengkapan akhirnya kami memulai perjalanan. Kami berangkat sekitar pukul 08.00 wib masih cukup pagi dan udara di desa gunung putri masih seger dan asri.

Pos perizinan ~

Track gunung putri pertama,kalian akan melewati perkebunan sayuran penduduk seperti bawang daun,wortel,brungkol dll. Track masih di dominasi oleh tanah merah. Dan lumayan menanjak. Lumayan menguras energy.

Sekitar 15 menit berjalan  kalian akan melewati sebuah pos, dimana itu pos perizinan. Semua pendaki wajib lapor di sana. Semua pendaki yang mau naik ataupun turun  tak lupa di cek perlengkapan dan perizinan oleh petugas  yang berjaga di sana . berhubung gunung gede-pangrango ini masuk dalam kata Taman Nsional Gede-Pangrango jadi masalah perizinan susah dan lumayan ketat di sini.

Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sendiri  perlu diingat kita tidak boleh membawa pisau, bahan-bahan kimia seperti  odol,sikat gigi,deodorant,sabun dll . itu merupakan salah satu peraturan disana.
Setelah semua masalah perizinan selesai kamipun melanjutkan perjalanan kembali.

Pos 1

Setelah sekitar 2jam berjalan kami pun tiba di pos 1 , cukup ramai pendaki kala itu.karena baru di buka gunung sepertinya jadi walaupun musim penghujan bukanlah halangan .

Dari pos perizinan menuju pintu masuk  pos 1 di sini kalian akan menemukan gerbang  bertuliskan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Setelah beristirahat perjalananpun kami lanjutkan kembali~

Suasana pos 1

Pos 2

Dari pos 1 ke pos 2 . track berubah menjadi track tangga dengan batu-batuan mirip via cibodas , track menanjak terus jarang sekali menemukan landainya . menyebalkan entah kenapa saya kurang suka track bebatuan dan tangga, membuat pegal.

Dari pos 1 ke pos 2 perjalanan sekitar 3 jam.kamipun akhirnya tiba di pos 2

Beristirahat sejenak.

ampun track nanjak terussss~

Track menuju pos 2

Track yang di cor~

pos 2

Perjalanan dilanjutkan menuju pos 3 ~

Sepanjang perjalanan cuaca kurang bersahabat dan turunlah hujan yang membuat track semakin berat karena licin. Perjalanan daripos 2 ke 3 pun terasa sangat berat, beberapa kali saya minta istirahat,
Sangat tidak di sarankan naik gunung via Purti kalau musim hujan..

2 jam perjalanan belum juga sampai pos 3

Sebelum sampai pos 3. Kita akan menemukan bangunan berupa pos yang tidak ada atapnya. Itulah yang disebut pos 2 bayangan .

Pos 3

Lelah berjalan di temani hujan deras .kamipun sampai dipos 3. Pos 3 ditandai dengan sudah mulai banyaknya yang berjualan. Ada kopi,pop mie,gorengan.banyak yang dijual di sini hha mirip ck atau warung kopi.Itulah uniknya naik Gede banyak yang menjajalkan dagangannya sudah biasa.

Kami beristirahat di pos 3 cukup lama.di karenakan sudah mulai kelelahan di tambah track licin,dan hujan yang menambah beban perjalanan kali ini .

Perjalanan di lanjtkan dan masih ada 3 jam kalau waktu normal untuk sampai di pos 4 atau surya kencana

Sepanjang perjalanan masih di temani hujan malah semakin besar. Terpaksa di tengah-tengah perjalanan kami sempet membuat terpal dan beristirahat beberapakali.

beberapa kali kami membuat terpal darurat

Malampun tiba kamipun masih dalam perjalanan. Hujan semakin besar . hampir saya nyerah di track putri ini,tanggan mulai kedinginan.air mulai masuk ke dalam,jas hujan yang di pakai bocor semakin dingin.dan kami memutuskan istirahat lagi dan membuat air panas  untuk menghangatkan badan dan tangan yang mulai membeku.

Track nanjak terussss semangat..

Pos 4 ( Surya Kencana)

Track masih najak …..

Hujan mulai berhenti…

Tapi Mendekati pos 4 atau surya kencana track sedikit landai,

Akhirnya  kami pun tiba di surya kencana malam hari jam 7.

Bisa di banyangkan kami mulai ngetrack jam 8 pagi dan kami tiba di surya kencana jam 7 malam kurang lebih 11 jam kami berjalan ..parahh!!!

Wow surya kencana luas banget.akhirnya kesampaian juga camp di sini. Keren banget .di temani bulan yang terang karena pada saat itu kebetulan terjadi gerhana.

Tenda di dirikan..Kopi di seduh..ditemani edelwis dan dingiinya sura kencana~

Lelah terbayarkan semua~

Ah malam minggu di surya kencana~~

Surya Kencana,5 april 2015~

Sunrise di Surya Kencana

Sunrise kami nikmati di Surya Kencana

Sumiit summit…

Kamipun summit sekitar jam 6 pagi.sunrise kami menyaksikan di Surken.tidak begitu bagus karena semalam hujan.

Dari Surya Kencana kita harus summit lagi menuju Puncak Gunung Gede.

Perjalanan sekitar 2 km dari Surken .

Tracknya di dominasi tangga dan batu..

Naik menuju puncak Gede ditempuh sekitar 1 jam (tidak bawa cerir).  Sedangkan Turun  dari puncak 30menit .

Puncak Gede, 5 April 2015

Alhamdulilah sampailah kami di Puncak Gede…

Masih tetep sama,terakhir saya kesini 2013 sekarang saya datang kesini 2015 ah bikin nostalgia. Entahlah puncak Gede selalu mempesona. Subhanalloh~

Gede view Surya Kencana

Banyak banget pendaki di sini.puncak penuh.

Surya kencana 5 april 2015~

Ada sebuah yang saya kutip di novel altitude 3676 :

Digunung,kamu akan melihat setiap orang dalam wujud aslinya. Karakter orang akan tampak jelas,dengan segala kelebihan dan kekurangannya.dengan segala kebaikan dan keegoisannya. Kuat atau tidaknya dia,mandiri atau manjanya,rewel atau tegarnya.
Semua akan tampak di gunung.

dan kata-kata itu memang terbukti benar~

pulang~

Terima kasih teman-teman sependakian…
Terima kasih komlita (komunitas lintas alam)…
Terima kasih gunung putri yang luar biasa…
Terima kasih gunung gede ~