Kamis, 20 Maret 2014

Third Trip Mt.Gede 2958 mdpl

Kali ini saya akan bercerita pengalaman tentang mendaki Mt.Gede..

Cerita sedikit tentang gunung ini....

Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

Hallo mt.gede 2958mdpl....

Tanggal 27 desember 2013 kami berangkat menuju mt.gede.kami berangkat sekitar jam 09.00 WIB.kami berangkat dari terminal leuwi panjang-bandung.kami berangkat dengan bus jurusan cipanas-puncak..sekitar jam 03.00 wib kami tiba di cibodas-puncak-bogor.karena kami lewat jalur cibodas..

Oh iya jika mau ke gede kita harus booking dulu karena ini taman nasional jadi agak sulit izinnya,,hhe.pendakian kali ini ak bareng a Wahid,Decky,Dwi,Kojo,Aris,Della,Riphani,dan Saya Sendiri :)

Di sini kami beristirahat dahulu packing ulang-sarapan dahulu...setelah semua siap,kami nyarter angkot untuk ke gerbang utama gede,cukup bayar Rp.3000 murah ko dari pada jalan lumaayan gempor hha :D

Tak lama kami tiba di gerbang utamanya,,jalan sedikit menuju pos gede..ntr di sana kita semua di periksa,di periksa surat izin kita,di sini ada warung.warung pa keling namanya hha,,istirahat sebentar nunggu subuh..

Setelah semua siap..track di mulai,gunung gede ini tracknya enak,,karena udh di tangga-tangga gitu jadi gampang.dengan hutan yang masih asri,sejuk banget lah ini gede..

Awal pendakian gede udh buat kejutan,,kejutan pertama wuiiihh track jembatan,,keren banget asli....tempat ini di namakan "Rawa Gayonggong".hmmm

Puas berfoto kami melanjutkan perjalanan kembali...kejutan apalagi yah...hehe ^^

Sekitar sejam berjalan kami tiba di per2an belok kiri menuju gede,belok kanan menuju pangrango..
  Kami ke kiri karna mau ke mt.gede hihi,,,sebelum perjalanan di lanjutkan,kami istirahat sejenak,lumayan tracknya naik terus tapi enjoy ko :)..

Sekitar sejam berjalan jam 1200 WIB,kami memutuskan buka camp darurat hahaha "mulai lapar" terpaksa masak di tengah jalan ahahaha :D

Setelah cukup beristirahat perjalanan pun di lanjutkan,,track masih sama tangga...lumayan tenaga terkuras,tapi sejuk karena banyak popohonan jadi engga panas meskipun siang :) tak lama kami tiba di "Air Panas",ternyata kejutannya "Air Panas"keren!!!berpetualangnya bener -bener petualang..salah salah melangkah kaki kita bisa tercebur ke dalamnya lumayan panas ahahaha :D

Perjalanan di lanjutkan sekitar setengah jam ketemu Pos Pertama namanya "Kandang Batu"..lumayan gede tempatnya muat 5-7 tenda...banyak yang ngecamp..gede hari ini rame.mungkin karna akhir tahun yah jadi penutupan :)jadi seru sepanjang jalan rame banget...:3

Setelah sejam berjalan kami pun di beri kejutan lagi,,lagi-lagi kejutan,,"Air Terjun"namanya "Air Terjun Pancaleuweuh"...

Puas berfoto perjalanan di lanjutkan tracknya masih sama tangga,nanjak,licin,sesekali landai...setelah berjalan sekitar 2 jam kami akhirnya tiba di Pos Kedua namanya "Kandang Badak"...wuihhh rame kayak pasar,,kami segera cari lapak,,,susah penuh semua ,,,akhirnya dapet juga...langsung buka tenda..kami buka 3 tenda,,

Enjoy bangetlah di sini,sumber air banyak,dekat lagi,,,kami makan maalm di sini,bikin api unggun,,dingin banget lah klo malem wuihh....jam 03.00 Wib sepakat menuju puncak,,malem ini istirahat dulu :3 simpan tenaga...

Perjalanan di mulai jam 03.00 wib kami berangkat..pucuk,,pucukk semangat.....m/ tack tangga sudah mulai tidak ada,,berubah menjadi track tanah biasa yang licin,,semangat,,,sekitar sejam berjalan kami tiba di "Tanjakan Setan",sesuai namanya ahahaha asli kayak panjat tebing lah hahaha tapi asyik...

Yooo lanjutt pucuk..pucukkk pucukk....jam 05.00 wib,belum sampai masih di tengah puncak,,tracknya berat ,,telat deh dapet sunrisenya gpp lah yah :") liat sunrisenya di sini ajah hha :3

Di lanjutt,,,,yeahh akhirnya sampai di puncak sekitar jam 06.00 wib,,subhanalloh keren banget ciptaan-Mu Ya Alloh :") sedih rasanya...keren,,semuanya terbayar..,memang gede penuh kejutan...enjoy...

Dari "Puncak Mt.Gede"jika mau ke "Surya Kencana"kita harus turun ke bawah sekitar 500m lah 30 menitan...

Tiba di surken...hihi keren edelwisnya sayangnya belom pada mekar :")

Thanks Mt.Gede 2958 mdpl..I love indonesia,,indonesia itu keren loh :))ntr aku balik lagi kesana hihi amiin o:)