Selasa, 10 Maret 2015

Hello Pulau Semak Daun

21-22 feb 2015

photo by : a Naro

Kali ini saya akan bercerita pengalaman saya ngetrip ke Pulau semak daun 21-22 febuary 2015
Karena gunung kebanyakan pada lagi di  tutup (pemulihan ekosistem) yah terpaksa kami memutuskan ke pulau.

Pulau Semak Daun merupakan salah satu pulau yang terletak digugusan kepulauan Seribu. Secara administratif pulau ini termasuk dalam wilayah kabupaten Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta sebagai daerah penangkaran penyu sisik dengan pantai yang nyaman untuk berenang karena pantainya yang bersih dan landai, berpasir putih, dan bebas bulu babi, terdapat pula daerah yang bagus untuk menyelam dan snorkeling pemula dan letaknya tidak jauh dari pulau Pramuka.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jauh.. jauh dari hiruk pikuk Kota Jakarta, jauh dari kemacetan dan semua permasalahan kota Jakarta,tersembunyi pulau-pulau nan cantik di dalamnya. Iyap salah satunya Pulau yang baru saja selesai  saya kunjungi yaitu Pulau Semak Daun.

Kami di situ ada  indri (saya),della,mila,pules,hervani kami memutuskan ikut open trip. Kebetulan kami ikut open trip anak Jakarta(Anaphalis Trip). Dengan biaya  IDR 399k itu sudah termasuk semua fasilitas selama kami di pulau 2 hari 2 malam. Tapi tidak termasuk ongkos kami dari Bandung ke Jakarta.

Kami berangkat dari bandung menuju Jakarta ber5 ajah cewe-cewe semua dengan modal  nekad .tapi justru disini asiknya backpakeran.ya backpakeran saya selalu suka itu. Pokonya dengan budget seminim mungkin kami harus sampai di sana. Kami sepakat janjian di Terminal lewi panjang. Di situ rencana kami memulai backpakeran kami. Dari terminal lewi panjang kami naik bis tujuan ke Purwakarta kota. Kenapa ke purwakarta? Karena kami ngejar kereta api local yang tujuannya langsung ke Jakarta Kota dengan biaya RP. 3000 murah kan . sebenarnya  kalau mau irit lagi bisa pakai kereta api dari kiaracondong ke purwakarta tapi kami ketinggalan jadwalnya yang hanya ada sekali di jam 7 pagi. Jadi kami memutuskan naik bis.

Tiba di Jakarta..

Singkatnya sampailah kami di St Jakarta Kota sore itu. Disini saya baru tau semua kereta berhenti di sini.iyap ini ujung rel nya .habis disini, unik banget .

stasiun Jakarta kota relnya habis di sini ^^

vani,della,mila,pules

Disini kami sempat mengunjungi wisata Kota tua karena kebetulan dekat dengan ST Jakarta Kota. Sambil menikmati senja di Jakarta kota yang tidak mengenal malam .

kota tua jakarta

Karena kami sempat nginep sehari di rumah teman kami di Jakarta jadi saya kurang tau kalau dari Jakarta kota ke muara angkenya menggunakan transport apa.

Singkatnya,keesokan harinya kami tiba di Muara Angke, disini kami meeting point dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke pulau Semak Daun . baru pertama kali saya ke Muara angke jangan di tanya Muara angke itu bagaimana? Becek,kotor,banyak sampah ,bau dan airnya pun sudah tercemar. Miris~

Dari Muara Angke banyak kapal-kapal lokal yang sudah bersedia mengandarkan penumpang menuju pulau-pulau yang ada di kepulauan seribu. Ternyata tidak hanya Pulau semak daun saja. Disini kepulauan seribu banyak pulau-pulau lainnya seperti pulau pari,pulau macan,pulau tidung,pulau pramuka dll itu mengapa di sebut kepulauan seribu.

Dari Muara Angke ,sekitar 3 jam akhirnya kami pun tiba di Pulau Pramuka. Lumayan lama karena lumayan jauh.

Dari Pulau Pramuka ini perjalanan kami belum berakhir. Kami melanjutkan perjalanan lagi menggunakan perahu yang lebih kecil. Pemandangannya jangan di Tanya keren.kanan-kiri lautan biru.

tengah lautan lepaaaas

tengahnya itu rumah burung.gatau burung apaan

Setelah sejam akhirnya kami pun  tiba di Pulau Semak Daun.

hello semakdaun~

Pulaunya sendiri. kecil tidak terlalu besar,masih bersih,masih bening dan berpasir putih.awesome!
Ini pertama kalinya kami semua camping di pulau.kesannya beda banget sama di gunung.jauh.tapi gak kalah seru juga.

Day 1

·         Snorkeling time~

Tiba saatnya Snorkling time.kami bergegas berganti pakaian. Guide memberikan intruksi dan arah bagaimana snorkeling yang benar dan bagaimana menggunakan alat dengan baik dan benar. Setelah Pemanasan Kami pun berlayar dengan menggunakan perahu kecil menuju spot snorkeling yang sudah di tentukan Guide. Tak begitu jauh dari pulau spot snorklingnya .Ternyata Snorkling di Pulau semak Daun seru.masih bening,ikannya pun masih banyak. Beraneka ragam.mungkin karena belum tercemar, Betah kami lama-lama snorkeling disini.

·         Pulau Air~

Setelah 1-2 jam puas menikmati keindahan bawah laut dari pulau semak daun,kami pun melanjutkan perjalanan kembali. Tak lama perahu kamipun  melewati 2 buah pulau yang berarus tenang,airnya hijau toska.ah pulau apa ini keren. Ternyata pulau yang kami lewati tersebut adalah Pulau Air.keren banget !! next time wajib singgah nih di pulau ini . Cuma lewat saja tidak puas rasanya.

warnanya yang ijo toska bikin adem~

·         Senja di Muara Angke ~

Setelah  berkeliling  kamipun kembali Kepulau Semak daun. Jam 5 sore iyah ini saatnya senja time~ sudah lama rasanya tidak menikamti senja.~Aku selalu suka senja dimanapun menikmatinya di ketinggian,di kerendahan yang penting ada senja disana~

Dan kami pun menikmati sore itu, senja yang mengantarkan menuju malam~

payung teduh-menuju senja

·         Bermalam di Pulau Semak Daun

Malam disini kami nikmati dengan saling berkenalan satusama lain,saling becanda dan bertukar cerita. Dengan di temani banyak bintang diatas sana.malam terasa hangat~

Day 2

·         Tanam Mangrove (hutan bakau)~

Hari ke2 di Pulau semak daun :D acara pagi ini adalah menam Mangrove.yup Mangrove tanaman ini tak asing di pantai.
Salah satu fungsi utama hutan bakau atau mangrove adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk tsunami.
Satu-satu kami mulai menanam mangrove.

#savemangrove

·         Pulang meninggalkan pulau

Setelah sarapan siang bersama,bebenah tenda dll kamipun harus meninggalkan pulau indah ini.ah ingin rasanya kembali lagi kesana berlama-lama disana.Kembali kami di jemput oleh pa guide menuju pulau pramuka kembali dengan perahunya.

·         Singgah di Penangkaran Hiu

Kamipun sempat sebentar singgah di tempat penangkaran hiu. Tak hanya hiu berbagai hewan laut lainnyapun di tangkarkan disini untuk katanya di lepas lagi ke lautan setelah besar nanti.

·         Tiba di pulau Pramuka

Akhirnya kamipun tiba di pulau pramuka kembali.

·         Singgah di Tempat Penangkaran penyu

Di Pulau Pramuka, Kami pun sempat mengunjungi tempat penangkaran Penyu. Penyu yang di tangkarkan di sini jenisnya adalah penyu sisik.lucu-lucu penyunya. :3

cepet besar nyu~

Persiapan berlayar dan pulang~

Salah satu puisi yang saya sukai tentang pantai~
Aku berjalan selalu di pantai ini….
Antara pasir dan buih…..
Air pasang akan menghapus jejakmu dan angin kencang menyembur hilang putih buih…
Namun lautan dan pantai akan tinggal abadi~
(Kahlil Gibran)

Terimakasih Pulau Semak Daun. Anaphalis Trip, dan temen-temen baru semua semoga bias bertemu kembali di Trip selanjutnya~~