Minggu, 16 Maret 2014

Mt.Cikuray 2821 mdpl

Haloo agustus 2013

Kali ini Aku,aYadi,a Gilar,a Haya,a Bayu1,a bayu 2,a Agi,,mau ke Mt.Cikuray...cerita sedikit dulu tentang cikuray....

Gunung Cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.841 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.
Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak. Jika anda bukan warga Jabar, mendaki Cikurai mesti satu paket dengan Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. Keduanya menawarkan medan pendakian yang menarik.
Karena letaknya paling tinggi di kabupaten Garut, kaki gunung Cikuray dipakai untuk stasiun pemancar TV swasta dan TVRI. Gunung Cikurai mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.

Ini hiking pertama aku sih,,,awalnya coba-coba iseng ajah gmna sih di atas awan itu,,berbekal daypak,dan belom punya alat-alat hiking,,,yah seadannya ajah akhirnya...aku cewe sendirian di kelompok ini,gpplah yah cwe pemberani hha :3

Setelah semua kumpul jam 05.00 wib..kami mulai berangkatkami berangkat dari terminal cileunyi.dengan naik elef jurusan bandung-kawali-garut.dengan membayar Rp.15.000 kami tiba di terminal guntur garut...di sini kami berbelanja sayuran dulu buat bekal di atas gunung nanti hhe....

Setelah tiba di terminal guntur garut a bayu langsung melakukan transaksi dengan tukang angkot,perjalanan di lanjut dengan menggunakan angkot untuk sampai ke pos pendakian pertama,,dari guntur ke pemancar kami membayar Rp.35000.
Sekitar sejam kami sampai di pemancar akhirnya nyampe sekitar jam 15.00 wib karena ada insiden kecil hha --''..ini dia pemancar..sekitar 1500mdpl mungkin yah,,,dingin..
Setelah bebenah carier,ngambil air,karna katanya di cikuray sulit air jadi kita harus bawa dulu dari sini bekel yang banyak,makan siang dulu,setelah semuanya siap kita mulai mendaki,,,bismilahh!pendakian di mulai,,semua berdoa,,yeah mt cikuray I coming...hhhe....

Dari pemancar tracknya lumayan berat pertama kita melewati kebun teh milik penduduk,,nanjak terus tracknya,licin,apalagi musim hujan hmm...terus berjalan.....
Dan akhirnya kami sampai di pos 1 lumayan melelahkan ...istirahat sejenak,,sekitar pukul 16.00 wib....
Yooo setelah beristirahat kami memutuskan melanjutkan target pos 3 tapi kata pendaki lain sih masih jauh,,,dari pos 1 ke pos 2 ajah jauh seru pendaki yang kita temui di jalan....sekitar pukul 18.00 wib kami tiba di pos 2..team memutuskan berhenti,dan ngecamp di sini saja,,sepertinya 2 tenda cukup,,lalu kami segera bikin tenda,bikin api unggun...hah perjalanan yang melelahkan,,,
menu makan malam kita hha :D
Setelah ngobrol-ngobrol akhirnya kita memutuskan jam 05.00 wib untuk ke puncak,karna kalau subuh kasian masih pada cape,,kecewa sih engga dapet sunrise ah :( tapi gpplah....
jam 05.00wib lagi enak tidur di bangunin sumit katanya...yo mulai beresin tenda siap-siap sumitt,,sayangnya a bayu ama a agi keram otot akhirnya mereka gak ikut ke puncak,,yang lain ke puncak,,

Track dari pos 2 berat buat pemula kyk saya,,lumayan lah ,,,melelahkan beberapa kali beristirahat ..kondisi hutan yang masih terjaga,lumayan berat juga tracknya..hmm semangat ..

Sekitar 2-3 jam berjalan sampailah di pos 3,ternyata emang bener jauh jaraknya dari pos 1,ke 2 ke 3,,melelahkan..di pos 3 tanah kosong lumayan luas,lumyan buat 5-6 tenda muat di sini,,nama kita di pos 3,,hha jamgan di tiru yah :(
Perjalanan di lanjutkan kembali sekitar 2 jam berjalan sampailah akhirnya di puncak,,hah puncak,,,puncak bayangan tapi :( di sini juga luas,cukup 5-7 tenda lumayan..
Perjalanan di lanjutkan dari puncak ke puncak bayangan sekitar sejam,,sudah terlihat ko dari sini puncaknya semangat,,hha setelah sejam berjalan dengan medan yang cukup menguras tenanga akhirnya kami tiba di puncak eyah puncak mt.cikuray 2821 mdpl..woww di atas awan,,semuanya keliatan mt,slamet juga keliatan di sini,,keren!!!

Thanks Mt.Cikuray nanti ak balik lagi ....